File Administrasi Guru

Link Download Modul Penyusunan Soal HOTS - Mental Akademi


Berikut ini adalah link yang bisa kalian download mengenai Modul Penyusunan Soal HOTS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun pelajaran 2013/2014 telah menetapkan kebijakan implementasi Kurikulum 2013, kurikulum 2013 diterapkan secara bertahap di satuan pendidikan mulai semester genap tahun pelajaran 2014/2015 sampai dengan tahun pelajaran 2018/2019. Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Pendismen) memprogramkan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi Guru dari sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013 dan salah satunya melakukan pelatihan melalui Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Modul Penyusunan Soal (HOST) Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini terdiri atas 3 (tiga) materi pokok yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam penyusunan soal-soal HOTS. Penyajian materi pada modul ini diawali dengan pemaparan fokus dan uraian materi pada masing-masing materi pokok. Sedangkan pada bagian akhir modul dilengkapi dengan penugasan dan refleksi. Materi-materi pokok dalam modul HOST adalah sebagai berikut :

1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS

Modul penyusunan soal HOTS ini untuk penilaian yang disusun dengan tujuan sebagai berikut;

1. Memberikan pemahaman kepada guru SMA tentang konsep penyusunan soal HOTS
2. Mengembangkan keterampilan guru SMA untuk menyusun butir soal HOTS;
3. Memberikan pedoman bagi pengambil kebijakan baik di tingkat pusat dan daerah untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang penyusunan soal HOTS.

Soal-soal HOTS adalah merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar